Collecting Vintage Watches: Focus?

Dari beberapa pembicaraan, diskusi dan pengamatan terhadap beberapa orang yang hobi maupun yang baru memulai hobi meng-koleksi jam antik; saya mendapatkan pertanyaan yang seringkali diajukan. Apakah dalam mengkoleksi vintage time pieces ini kita harus fokus pada sesuatu (brand, tipe) atau apa aja asal antik, unik dan kita "greng" dengan tipe jamnya?

Beberapa rekan yang fanatik dengan keunikan dan kelangkaan memilih untuk membeli dan memiliki jenis-jenis jam yang memang discontinued, limited edition atau memiliki unusual design. Dan jam-jam dengan jenis seperti itu tidak mesti mahal atau dari brand yang premium. Seorang rekan memiliki jam tentara AS dalam perang Vietnam tahun 70an. Jam dalam kondisi tidak mulus namun otentik termasuk Nato strap-nya. Harga tidak mahal namun ada kepuasan bahwa jam tersebut sangat jarang bisa dijumpai dan dimiliki pada saat sekarang dan dalam keadaan jalan normal. Atau seperti Rolex 1603 dibawah ini yang diproduksi awal tahun 60-an. Rolex ini memiliki unusual design terutama pada bezel, dial hands (jarum) dan index baton-nya (penunjuk angka).


Dari Forum Rolex di internet yang saya ikuti, rata-rata member yang memberi komentar terhadap beberapa jenis Rolex yang saya tampilkan gambarnya memilih jam tipe ini sebagai the most beautiful (saat itu saya menampilkan seri 1601, 1500 dan 1501). Seorang rekan yang lain dengan begitu yakinnya bahwa dia akan memilih untuk memiliki Rolex vintage (tahun 50-70an) dan masih menggunakan acrylic daripada Rolex baru yang sudah menggunakan kristal dan dial face yang rata (bukan pie-pan seperti yang vintage). Karena apa? "kalau elo punya duit ratusan juta bisa saat ini juga ke toko Rolex beli Rolex baru apa aja. Tapi kalau Rolex gua ini (sambil menunjuk Rolex antik-nya), sampai berbulan-bulanpun elo belum bisa dapat barang seperti ini walaupun elo mampu bayar untuk itu", katanya. Nah itulah kepuasan kalau kita memiliki jenis jam vintage apalagi unik.


Rekan-rekan yang lain mengatakan akan mengambil jam dengan merek apa saja selama jam itu memang unik, mulus dan berjalan normal. Seperti jam Titus 77 automatic jewels diatas, jam tersebut tidaklah mahal namun untuk bisa mendapatkan jam tersebut dalam keadaan mulus sangatlah sulit. Re-sale value-nya pun juga tidak tinggi, namun kepuasan saat mendapatkan jenis jam tersebut dalam keadaan baik sulit dikatakan.

Saya termasuk masih di daerah abu-abu, karena maksud hati ingin fokus ke sedikit merek namun sulit menahan keinginan begitu melihat jam antik merek apapun yang memikat hati. namun sekarang saya coba menjadi Seiko chronograph automatic fans yang baik dengan mencoba mengumpulkan "anggota keluarga" dari Seiko jenis tersebut. Di bawah adalah gambar dari koleksi jam seiko chrono milik seorang kolektor yang sangat nge-fans dengan cal.6138. kalau dilihat, memag seiko chrono matic ini memang menarik sekali untuk dikoleksi. Selain karena desainnya menarik, colourful juga movement-nya bandel.



Di forum Rolex yang saya ikuti, seorang Rolex fans menampilkan koleksi Rolex-nya yang fokus hanya pada Rolex sport. Dari generasi awal Rolex submarine "james bond", explorer sampai Rolex sport generasi baru. Banyak sekali member yang memberi komentar pada koleksinya karena ini seperti "harta karun" dalam bentuk jam. Dan si kolektor tersebut mengatakan bahwa ini hanyalah sebagian dari koleksi Rolex-nya...Alamak!


Nah, bagi anda yang mulai tertarik menekuni hobi ini sebaiknya anda berpikir dulu: mau fokus atau tidak dalam mengumpulkan jam antik?

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 

About You!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras id arcu nulla. Donec eu risus nisl, id cursus justo. Proin non mauris enim, eu suscipit libero. Fusce eget nunc nibh. Integer elementum consectetur sagittis. Quisque adipiscing auctor risus, id vulputate eros auctor vel. Vivamus pellentesque arcu vel libero eleifend sed aliquam

Free CSS Template by CSSHeaven.org TNB