SEIKO 6139: First Automatic Chrono on Space?

Apabila disinggung mengenai jam tangan pertama yang dibawa ke angkasa luar, orang langsung menyebutkan nama Omega Speedmaster cal.321 yang digunakan pada saat ekspedisi Apollo 11. Posting saya terdahulu juga sempat membahas bahwa ternyata tidak hanya Speedy cal.321 saja yang dibawa ke luar angkasa, namun juga Rolex GMT 1675 dan Wakkman Chronograph.

Ada sebuah artikel menarik di majalah International Watch bulan Mei lalu, yang mengatakan bahwa ternyata Seiko Automatic chronograph juga pernah dibawa melancong oleh astronot di ekspedisi Skylab 4 tahun 73-74. Tulisan mengenai hal ini pertama kali diterbitkan di majalah National Geographic edisi Oktober 1974. Adalah astronot Kolonel William R.Pogue yang dalam majalah itu tertangkap kamera foto sedang berdiri di depan pintu simulator pesawat. Terlihat dalam gambar dibawah sang kolonel mengenakan di lengan kirinya sebuah Seiko Chronograph ukuran besar dengan dial warna kuning dan dikenal sebagai seri 6139-6009.

Seiko tipe 6009 ini merupakan generasi pertama dari produksi massal Seiko untuk tipe automatic chronograph yang mulai diproduksi tahun 1969. Seiko cal.6139 ini sudah terbukti sangat handal dan konstruksi yang sangat baik dan ini dibuktikan selama 10 tahun movement caliber ini tidak pernah mengalami perubahan yang besar. Pertanyaan terbesarnya adalah: Apakah Kolonel Puge memang benar-benar memakai Seiko 6139-nya selama dia di angkasa?

Dari observasi yang dilakukan oleh David Bruno, Kolonel Pouge sendiri telah memberikan konfirmasi bahwa Seiko tersebut memang dia gunakan selama dia di dalam Skylab 4, namun tidak digunakan selama take-off dan landing kembali ke bumi karena ukuran baju astronotnya tidak memungkinkan dia untuk mengenakan jam tersebut. Pada kedua waktu tersebut, dia menyimpan Seiko itu dalam kantong baju astronotnya. Gambar dibawah saat Kol.Pouge ada dalam kabin Skylab 4.
Di dalam surat itu Kol.Pouge menulis:
"I put the Omega on my right wrist at this time, and Seiko on my left wrist. I did not get NASA approval to carry the Seiko watch on the mission but we weren't given the Omegas until late in our training. I had been using the Seiko for well over six months and found it very handy for timing engine burns in the simulator, using the bezel as reported earlier. Hence, I did not make any attempt to get official permission or approval to carry the Seiko on the mission."
Statement ini merubah anggapan awal bahwa jam Sinn 142 adalah jam automatic chronograph pertama yang digunakan dalam misi ke ruang angkasa. Dan Seiko sudah membuktikan bahwa merekalah yang sebenarnya pertama kali teruji kehandalannya untuk mengarungi angkasa dari bulan Nov.73 sampai dengan Feb.1974 meskipun hal itu bukan jam resmi misi tersebut.


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 

About You!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras id arcu nulla. Donec eu risus nisl, id cursus justo. Proin non mauris enim, eu suscipit libero. Fusce eget nunc nibh. Integer elementum consectetur sagittis. Quisque adipiscing auctor risus, id vulputate eros auctor vel. Vivamus pellentesque arcu vel libero eleifend sed aliquam

Free CSS Template by CSSHeaven.org TNB