Omega Speedmaster: Are they really First Watch on the Moon?

Siapapun tahu bahwa Omega Speedmaster Proffesional diyakini sebagai jam yang pertama kali digunakan untuk ekspedisi luar angkasa dan dipakai saat manusia pertama kali mendaratkan kaki di bulan. Kedekatan hubungan antara Nasa dan Omega ini berlanjut pada misi-misi Apollo berikutnya. Banyak cerita menarik dibalik kenyataan ini.
Pada tahun 1961 sebelum misi manusia ke bulan, tim perbekalan Nasa mengunjungi sebuah toko jam Corrigan di Houston dan membeli sebanyak 5 buah jam chronograph dari merek-merek yang berbeda. Dari hasil pembelian tersebut kemudian dilakukan test terhadap kelima jam tersebut dan akhirnya terpilihlah yang lolos uji: Omega Speedmaster cal.321. Gambar dibawah merupakan Omega Speedmaster cal.321 yang otentik dan dibawa dalam misi ke luar angkasa. Terlihat grafir tulisan NASA di casing jam tersebut.
Ternyata telah terbukti bahwa bukan Neil Armstrong (sebagai manusia yang pertama kali menapakkan kaki dibulan) yang mengenakan Omega speedmaster tersebut. Dalam transkrip percakapan yang berhasil direkam disebutkan bahwa Neil meninggalkan Omega yang dikenakan di lengannya dan menaruhnya dalam kotak yang disediakan sebelum dia turun ke bulan. Dan Edwin “Buzz” Aldrin tetap menggunakannya. Alasan Neil tidak memakai jam tersebut adalah agar apabila Omega yang akan digunakan oleh Buzz saat berjalan di bulan rusak karena kondisi yang ekstrem, mereka masih memiliki cadangannya. Sayang sekali jam Omega milik Buzz Aldrin hilang saat hendak dibawa ke museum Smithsonian.

Pada buku The Best of Times: Rolex, an unauthorized history, James Dowling dan Jeffrey Hess menyebutkan bahwa astronot Jack Swigert mengenakan Rolex GMT 1675 di tangannya ketika dia mendarat kembali di bumi setelah pesawat Apollo 13 yang dikomandaninya mengalami masalah dengan tangki oksigen. Namun dalam 2 dokumentasi lain (film dokumenter) terlihat bahwa Jack Swigert pada baju astronotnya mengenakan Omega Speedmaster dengan velcro di tangan kanannya. Dari 2 kenyataan yang berbeda ini, banyak orang akhirnya berpendapat bahwa kemungkinan Jack Swigert menggunakan 2 buah jam tangan: Omega Speedmaster yang direkatkan di lengan kanan baju astronotnya dan Rolex GMT 1675 di tangan kiri dan dibalik baju astronotnya yang berlapis-lapis. Gambar dibawah menunjukkan bukti bahwa memang Jack mengenakan Rolex GMT-nya dibawah baju astronotnya yang tebal.

Sayangnya kita tidak bisa menanyakan kebingungan ini kepada Jack karena dia telah meninggal karena komplikasi penyakit kanker tanggal 27 Desember 1982 di Washington. Gambar dibawah menunjukkan saat crew Apollo 13 menerima penghargaan dari Presiden Nixon di Hawaii. Dan terlihat Jack (berdiri di depan microphone) mengenakan 2 buah jam di tangan kiri dan kanannya (lihat gambar detail dibawahnya)

Kemungkinan jam yang dikenakan di tangan sebelah kiri adalah Rolex GMT Master 1675 dan tangan sebelah kanan adalah Omega Speedmaster Proffesional cal.321 dengan velcro berwarna hitam.

Cerita lain datang dari misi Apollo 15 dengan salah satu astronotnya David Scott. Saat David hendak mengenakan jam Omega Speedmaster-nya dan memulai perhitungan mundur dengan mengaktifkan fungsi stopwatch, kaca pada jam Omega-nya tiba-tiba terlepas. Karena kejadian itu dia akhirnya mengganti jam Omega-nya dengan jam Waltham Chronograph yang dia bawa serta dalam misi itu. Waltham yang digunakan saat itu memiliki fungsi dan tampilan yang mirip dengan Omega Speedmaster. Dan ternyata jam Waltham sebagai pengganti dapat berfungsi dengan baik bahkan pada suhu yang lebih tinggi!

Namun tidak ada yang tahu jenis Waltham yang seperti apa yang digunakan oleh astronot Scott dalam misi Apollo 15 itu. Dari tahun saat Apollo 15 dilakukan, Waltham memang mengeluarkan 2 tipe jam chronograph manual dengan 3 fungsi register dan kemungkinan tipe-tipe inilah yang digunakan saat itu. Gambar Waltahm diatas dan dibawah ini merupakan jam Waltham yang diperkirakan digunakan oleh Scott sebagai pengganti untuk Omega-nya yang rusak.

Dari 2 kenyataan yang terjadi pada Jack dan Scott diatas, NASA ternyata saat itu membolehkan astronotnya untuk membawa serta jam lain selain Omega Speedmaster (sebagai jam resmi misi Apollo tersebut). Scott misalnya, membawa serta Waltham chronograph karena permintaan seorang rekannya yang bekerja di pabrik jam Waltham, yang menginginkan Scott membawa serta jam Waltham chronograph tersebut untuk melakukan kegiatan “test tak resmi” terhadap merek tersebut. NASA membolehkan hal ini terjadi namun tidak boleh sedikitpun nama jam-jam tersebut muncul di pemberitaan media massa karena NASA sudah mengikat kontrak eksklusif dengan Omega sebagai satu-satunya jam resmi misi-misi NASA. Foto dibawah menunjukkan Jack saat konferensi pers menggunakan Rolex GMT Master 1675 ditangannya.

Ternyata slogan Omega Speedmaster sebagai First watch on the moon tidak sepenuhnya benar karena beberapa fakta yang telah diungkapkan diatas. Scott ternyata menggunakan Waltham untuk menggantikan Omega nya yang rusak dan Swigert saat kembali ke bumi maupun saat menerima penghargaan terlihat menggunakan juga Rolex GMT Master 1675. Walau mungkin jam-jam yang mereka gunakan tidak sampai digunakan untuk berjalan di bulan, namun setidaknya mereka pernah menemani Omega Speedmaster untuk "melancong" ke luar angkasa.

Tulisan ini dikutip dari tulisan Chuck Maddox tanggal 26 February 2007 di blog-nya.








0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 

About You!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras id arcu nulla. Donec eu risus nisl, id cursus justo. Proin non mauris enim, eu suscipit libero. Fusce eget nunc nibh. Integer elementum consectetur sagittis. Quisque adipiscing auctor risus, id vulputate eros auctor vel. Vivamus pellentesque arcu vel libero eleifend sed aliquam

Free CSS Template by CSSHeaven.org TNB