Collecting Vintage watches

Hobby meng-koleksi jam antik/ kuno adalah hobby yang butuh kesabaran, ketelitian dan juga kemauan untuk belajar terutama dari sisi informasi yang melatar belakangi sebuah jam. Bagi saya, jam antik yang memiliki movement manual maupun automatik adalah sebuah karya seni. Sangat menyenangkan saat melihat sebuah movement bergerak seperti sebuah organisme hidup dalam sebuah "cangkang" baja.

Ada kepuasan tersendiri saat kita mendapatkan sebuah jam antik yang memiliki reputasi dan sejarah yang menarik dari diproduksinya sebuah tipe jam. Misal, Universal Polerouter Super (gambar di bawah), Omega Speedmaster Cal.321 yang digunakan pada saat pendaratan manusia di bulan, dan masih banyak lagi. Dengan memiliki jam-jam tersebut seolah kita menjadi bagian dari sejarah tersebut.


Repotnya dalam mencari dan kemudian untuk membeli jam-jam antik adalah ketersediaan barangnya. Walau kita (misalnya) punya uang banyak tapi jamnya sulit untuk ditemui karena untuk beberapa jenis memang langka. Hal lain lagi yang merepotkan adalah, terkadang orisinalitas jam tersebut diragukan. Bisa jadi karena kerusakan pada movement yang sulit untuk di-replace dengan part dari jam lain. Jam-jam yang sulit seperti ini biasanya jam-jam yang masuk kategori Complicated watches seperti chronograph, alarm, dan moonphase. Tapi tidak jarang jam-jam yang non-complicated juga susah untuk cari ganti part-nya karena sebagian besar jam-jam antik tersebut movement atau part-nya sudah discontinued.

Saya termasuk orang yang sangat mengutamakan orisinalitas. Meskipun dial face tidak mulus karena sudah termakan usia tapi selama dial itu asli tetap akan menarik. Seperti contoh Omega dibawah yang diproduksi tahun 40an dengan menggunakan movement manual cal.30T. Movement calibre ini termasuk movement manual yang bandel dan tangguh.

Untuk dapat memiliki jam antik yang "benar" tentu perlu beberapa persiapan. Pertama adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin tentang sebuah jam. Movement, tahun pembuatan, keunggulannya dan "sejarah" diproduksinya jam tersebut. Kemudian lihat sebanyak mungkin gambar-gambar di internet mengenai jam-jam tersebut agar nanti saat anda hunting dan beruntung menemukan anda bisa langsung membuat penilaian mengenai originalitas jam tersebut dan tentu juga value-nya dalam nilai nominal uang. Ini berguna agar anda tidak over value dalam menilai dan membeli sebuah jam antik. Syukur-syukur anda bisa mendapatkannya dengan harga murah!

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 

About You!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras id arcu nulla. Donec eu risus nisl, id cursus justo. Proin non mauris enim, eu suscipit libero. Fusce eget nunc nibh. Integer elementum consectetur sagittis. Quisque adipiscing auctor risus, id vulputate eros auctor vel. Vivamus pellentesque arcu vel libero eleifend sed aliquam

Free CSS Template by CSSHeaven.org TNB